Selamat Datang Selamat Menikmati

Sabtu, 23 April 2011

KI HAJAR DEWANTARA


Ki Hajar Dewantara ia sosok sangat berjasa bagi pendidikan di Indonesia ia lahir  di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia berasal dari lingkungan keluarga kraton Yogyakarta. Suatu saat Raden Mas Soewardi Soeryaningrat atau KI Hajar Dewantara di buang ke negeri kincir angin atau Belanda kesempatan ini di gunakan sebaik mungkin untuk Ki Hajar Dewantara untuk mendalami ilmu pendidikanya setelah berhasil mendapatkan gelar Europeesche Akte.
Ia kembali ke tanah air untuk melanjutkan misi pendidikanya ia kemudian ia mendirikan Taman Siawa pada tanggal 3 Juli 1992 Perguruan ini sangat menekankan pendidikan rasa kebangsaan kepada muridnya  agar mereka mencintai bangsa dan tanah air dan berjuang untuk memperoleh kemerdekaan.. dan melanjutkan misi pendidikanaya
Di zaman jepang Taman Siswa ini tetap berlanjut dengan satu cita-cita yang kuat yaitu untuk mencerdaskan bangsa dan menumbuhkan rasa patroitrisme terhadap anak didiknya.
Setelah indonesia  merdeka ia menjabat sebagai menteri pendidikan dan deberi beberapa penghargan salah satunya sebagai bapak pendidikan nasional.
Namun pada tanggal 28 april 1959 ia meninggal namun walaupun sudah meninggal jasa-jasanya tetap dikenang oleh bangsa Indonesia.


ADAKAH KI HAJAR DEWANTARA SEKARANG ADA KAMU HANYA KAMU YANG BISA MEWARISI SEMANGAT JUANG BAPAK PENDIDIKAN INI UNTUK PENDIDIKAN DI INDONESIA

                                                                                                                                                                  Di Tulis Oleh : dhaniel deva

Tidak ada komentar:

Posting Komentar